AUTHOR GUIDELINES

AUTHOR GUIDELINES
Pedoman Penulisan Jurnal BIOSAINSTEK

1. Ketentuan Umum

Artikel merupakan hasil penelitian ilmiah di bidang kajian EKSAKTA UMUM dan SAINS, meliputi bidang KESEHATAN, KEHUTANAN, PERTANIAN, PERIKANAN, MIPA, BIOLOGI, TEKNIK dan ilmu EKSAKTA lainnya yang belum pernah dimuat dalam jurnal ilmiah maupun dalam proses pengajuan dalam publikasi ilmiah lain. 

Naskah artikel dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris diketik dengan MS-Word, font Cambria ukuran 11 pada kertas kuarto atau A4 termasuk Gambar dan Tabel dengan margin top and bottom 2 cm serta left and right 2 cm. Untuk artikel di tulis dalam dalam bahasa Indonesia, diikuti keywords. 

Penulis artikel mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia disempurnakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 46 tahun 2009. Penulisan angka pecahan dalam paper berbahasa Indonesia memakai koma sedangkan dalam paper berbahasa Inggris menggunakan titik.

Semua komunikasi dengan penerbit dilakukan secara electronic (email). Naskah artikel harap dikirim ke Pemimpin Redaksi  Jurnal BIOSAINSTEK dengan email address: biosainstek@gmail.com. Semua naskah yang masuk akan mendapat balasan penerimaan. Hasil review dari reviewers (mitra bebestari) juga akan dikirim via email.

2. Sistematika Susunan Artikel

Sistematika susunan artikel hasil penelitian umumnya sebagai berikut:

a) Judul (sesingkat mungkin) dan disertai dengan terjemahan dalam bahasa Inggris yang diketik secara miring (italic).

b) Nama penulis, nama dan kota lokasi instansi, dan e-mail corresponding author.

c) Abstract dalam Bahasa Inggris (memuat sedikit latar belakang, tujuan, metode, dan hasil penelitian serta tidak lebih dari 225 kata. Semua ditulis dalam Bahasa Inggris dengan cetak miring)

d) Keywords maximum 8 words (English). Kata “Keywords:” ditulis cetak tebal (bold)

e) Abstrak dalam bahasa Indonesia (memuat sedikit latar belakang, tujuan, metode, dan hasil penelitian serta tidak lebih dari 225 kata).

f) Kata kunci maksimal 8 kata (bahasa Indonesia). “Kata kunci:” ditulis cetak tebal (bold)

g) Pendahuluan (tanpa sub judul, memuat latar belakang, masalah, rumusan masalah, rangkuman kajian teoretik, ulasan ilmiah terkait judul berdasarkan rujukan (pustaka) terkini, dan tujuan penelitian)). Dalam pendahuluan ini juga disajikan pertanyaan ilmiah (scientific question) atau hipotesis yang akan dijawab dalam penelitian tersebut.

h) Metode Penelitian (ditulis dengan jelas waktu, lokasi, bahan (data), dan analisis data penelitian sehingga memungkinkan peneliti lain untuk mengulangi percobaan yang terkait). Bagianini dapat dibuat dalam beberapa sub-bab.

i) Hasil dan Pembahasan (hasil disajikan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan penjelasan atau pembahasan. Pembahasan harus menggunakan rujukan atau dibandingkan (diulas) dengan rujukan (pustaka) terkini). Hasil dan pembahasan dapat disatukan atau dipisah dalam sub-bab tersendiri.

j) Kesimpulan (ditulis dalam bentuk essay (paragraph) secara ringkas dan jelas dan harus dapat menjawab (menjelaskan) judul dan juga tujuan penelitian). Saran dimasukkan dalam pembahasan bila dianggap perlu.

k) Ucapan Terima Kasih (ditulis dengan jelas dan ringkas kepada siapa ucapan terima kasih itu diberikan. Penelitian yang dibiayai DIPA, hibah, atau sejenisnya agar mencantumkan nomor kontraknya).

l) Daftar Pustaka (lihat ketentuan berikutnya)


Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
Where available, URLs for the references have been provided.
The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.