Dukungan Keluarga Berhubungan dengan Kepatuhan Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Terapi Hemodialisa di RSUD dr. M. HAULUSSY Ambon

  • Dene Fries Sumah
Keywords: Dukungan Keluarga, Kepatuhan Terapi, Hemodialisa, Gagal Ginjal Kronik

Abstract

Penelitian bertujuan ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa. Observasional analitik adalah metode yang digunakan dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Populasi penelitian adalah semua pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di Ruang Hemodialisa RSUD dr. M. Haulussy Ambon yang berjumlah 85 orang dengan sampel sebanyak 46 responden dan teknik Accidental sampling dengan analisa data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian di dapat bahwa dari 46 responden, 60,9% patuh menjalani hemodialisa serta dukungan keluarga pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa dengan nilai (p-value 0,000).Dukungan Keluarga

References

Ariani, d. S., 2016. Stop Gagal Ginjal Dan Gangguan Gangguan Ginjal Lainnya. Jakarta: Gramedia.

Arditawati., 2013. pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kepatuhan pasien CKD untuk mempertahankan kualitas hidup di RSUD Pandanarang Boyolali.

Erick Johans Manoppo Gresty M. Masi Wico Silolonga. (2018). Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Penatalaksanaan Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Timur. 6(1).

Fresenius Medical care & Co., 2013. Keperawatan medikal bedah. Padang: Djamil.

Ipo, Aryani & Suri., 2018. Hubungan frekuensi hemodialisis dengan tingkat stres pada pasien gagal ginjal kronikyang menjalani terapi hemodialisis. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS), Volume 1(No 2), 140-153.

Kim., 2014. Testing the psychometric properties in patients receiving in-center hemodialysis. nephrology nursing journa, 377-393.

Larasati., 2018. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa Di Rumah Sakit Dr Moewardi Surakarta. Skripsi, (hal. 1-11).

Notoatmodjo, S., 2012. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.

Puspitasari., 2015. Gambaran dukungan keluarga pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di ruang hemodialisa Di Rumah Sakit Dr Moewardi Surakart. Skripsi.

Rahayu, Ramlis & Fernando,. 2018. Hubungan frekuensi hemodialisis dengan tingkat stres pada pasien gagal ginjal kronikyang menjalani terapi hemodialisis. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS), Volume 1(No 2), 140-153.

Riset Kesehatan Dasar (RIKESDAS)., 2018. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar.

Wagiyo., 2016. Hubungan jenis kelamin dan frekuensi hemodialisa dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di rumah sakit umum daerah raden matther jambi. Jurnal akademik baiturrahim, Volume 5(No 2), 47.

World Health Organization., 2015. Global Chronic Renal Failure Report 2014. Switzerland: World Health Organization
Published
2020-02-16
Section
Articles