Kecerdasan Spiritual Berkorelasi dengan Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa di Ruang Hemodialisa RSUD dr. M. HAULUSSY Ambon

  • Dene Fries Sumah
Keywords: Gagal Ginjal Kronik, Hemodialisa, Kecerdasan Spiritual, Tingkat Kecemasan

Abstract

Gagal Ginjal Kronik adalah gangguan fungsi ginjal yang progresif dan tidak dapat pulih kembali, dimana tubuh tidak mampu memelihara metabolisme, gagal memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit yang berakibat pada peningkatan ureum. Pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis akan mengalami kecemasan yang disebabkan oleh berbagai stressor, diantaranya pengalaman nyeri pada daerah penusukan saat memulai hemodialysis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa hubungan kecerdasan spiritual dengan tingkat kecemasan pasien hemodialisis di ruang hemodialisis RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Desain penelitian ini merupakan deskriptif Analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang melibatkan 63 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner untuk kecerdasan spiritual yang diadopsi dari penelitian Nurul Qomariah dan kuesioner kecemasan  Zung Self-Rating Anxiety Scale dan modifikasi dengan kuesioner Hamilton Anxiety Range Of Scale menggunakan uji statistik chi-square dengan tingkat kemaknaan a = 0,05. Hasil analisis Chi Square terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan spiritual dengan tingkat kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dengan nilai signifikan (p-value) adalah 0,000 (<0,05). Kesimpulan Ada hubungan yang bermakna antara kecerdasan spiritual dengan tingkat kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Saran bagi pasien diharapkan agar dapat mengembangkan kecerdasan spiritual dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan ibadah sehingga kecemasan saat menjalani hemodialisa berkurang.

References

Alfiannur, F. dkk. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa. JOM Volume 2 No. 2, halaman 1107.

Black, J. M. & Hawks, J. H. 2014. Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen.

Brunner & Suddarth. 2013. Keperawatan Medikal Bedah Edisi 12. Jakarta: EGC.

Musa, W. L. & dkk. 2015. Hubungan Tindakan hemodialisa Dengan Tingkat Kecemasan Klien Gagal Ginjal Di Ruangan Dahlia RSUP Prof Dr. R. Kandou Manado. E journal Keperawatan (e-Kp). Volume 3 No. 1.

Notoatmodjo, S. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2015. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ransun, D. dkk. 2013. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Pada Pasien Gagal Jantung Kongestif Di Irina F BLU RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado. JUIPERDO. Volume 2 No. 1.

Sandjaja, A. dkk. 2017. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Tingkat Sugestibilitas Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Kedokteran Diponegoro. Volume 6 No. 2, halaman 236.

Setyawan, M.F.2013. Hubungan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Kematian Pada lansia Umur Diatas 60 Tahun Di Dusun Tanggulangi, Panden, Ngablak, Magelang Jawa Tengah. Naskah Publikasi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.

Widiyati, Sri. 2016. Hubungan Mekanisme Koping Individu Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa Di Bangsal Teratai RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonongiri. Skripsi Pada STIKES Kusuma Husada Surakarta: Tidak Diterbitkan.
Published
2020-02-16
Section
Articles