Analisis Tingkat Pendapatan Pedagang Sayuran Buah Keliling Di Distrik Nabire Barat Kabupaten Nabire

  • Susanti Sylfia Sairdama USWIM-Nabire
Keywords: Pedagang, Nabire, sayur-sayuran

Abstract

Penyaluran barang-barang dari pihak produsen ke konsumen sangat membutuhkan jasa perantara, yang biasanya dikenal dengan pedagang perantara/keliling. Pedagang perantara/keliling ini menerima barang langsung dari produsen dan menjual barangnya secara (door to door) dari rumah kerumah. Banyak persoalan yang dihadapi oleh pedagang perantara/keliling baik yang berhubungan langsung dengan pemasaran hasil-hasil pertanian maupun yang dihadapi dalam kehidupan sehari-sehari. Namun demikian dari segi ekonomi pertanian berhasil tidaknya pedagang dan tingkat harga yang diterima pedagang untuk hasil pendapatannya merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan pedagang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang diterima oleh pedagang sayuran buah keliling dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran buah keliling. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata total tingkat pendapatan yang diterima dari kelima komoditi sayuran buah yaitu kacang panjang, buncis, terong, tomat dan ketimun per satu bulan penjualan tergolong tinggi yaitu sebesar Rp. 2.492.880,- tingginya tingkat pendapatan ini karena lebih besar dari dari biaya produksi yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai R/C lebih dari satu, yakni 2,05. Sedangakan berdasarkan hasil analisis regresi faktor umur dan faktor tingkat pendidikan mempunyai hubungan yang negatif dengan tingkat pendapatan. Faktor jumlah beban tanggungan mempunyai hubungan yang positif dengan tingkat pendapatan. Artinya jika adanya penambahan 1 (satu) unit jumlah beban tanggungan maka akan mengakibatkan kenaikan tingkat pendapatan sebesar 1 (satu) rupiah dengan asumsi cateris paribus.

Author Biography

Susanti Sylfia Sairdama, USWIM-Nabire

Staf Pengajar Faperta USWIM-Nabire

References

Adiwilaga.A.1982. Ilmu Usahatani, Alumni Bandung

Cahyono,B.T.1983. Kebijakan Pertanian, Andi Offset, Yogyakarta.

Hernanto,F.1996. Ilmu Usahatani. Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta

Kartasapoetra,G.1985. Manajemen Pertanian (Agribisnis). Penerbit PT. Bina Angkasa, Jakarta.

Mubyarto,1985. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S. Jakarta

Mosher, AT. 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Penerbit CV. Yasaguna. Jakarta.

Mott, G. 1992. Dasar-Dasar Penetapan Biaya. Penerbit Arcan. Jakarta.

Prayitno dan Arsyad, 1987. Petani Desa Dan Kemiskinan, BPFE. Yogyakarta.

Soekartawi, Dr. 1995. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Universitas Brawijaya. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suharjo, 1979. Sendi-Sendi Pokok Usahatani. Departemen Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Published
2010-05-23
How to Cite
Sairdama, S. (2010). Analisis Tingkat Pendapatan Pedagang Sayuran Buah Keliling Di Distrik Nabire Barat Kabupaten Nabire. JURNAL AGRIKAN (Agribisnis Perikanan), 3(1), 81-89. https://doi.org/10.52046/agrikan.v3i1.1088