Evaluasi Tarif Angkutan Umum Mikrolet dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Trayek Terminal Gamalama - Sasa, Kota Ternate

  • Muhammad Usamah Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Kasman La Sali Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Biaya tarif, Angkutan umum, Mikrolet.

Abstract

Kebutuhan akan angkutan umum penumpang yang ada di Kota Ternate Profinsi Maluku Utara masih dilayani oleh kendaraan umum (Mikrolet), yang dapat memuat penumpang berkapasitas 10 Orang dengan beberapa trayek (rute). Untuk rute yang di pakai dalam penelitian ini yaitu Terminal Gamalama - Sasa. Angkutan umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, untuk menuju keberlanjutan angkutan umum yang memerlukan penanganan serius. Metode penelitian ini mengunakan metode Kualitatif. metode kualitatif yaitu data yang diperoleh secara langsung dilapangan melalui observasi/wawancara secara langsung demi mendapatkan suatu data sehingga data tersebut dapat di kelola dan diketahui hasilnya. Dari survey lapangan yang dilakukan untuk trayek Terminal Gamalama -Sasa Permasalahan yang dihadapi adalah jumlah kendaraan yang beroperasi tidak teratur, pada tempatnya yang telah di sediakan, membuat penumpanng menunggu dan jumlah tarif yang berbeda-beda.

Author Biographies

Muhammad Usamah, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Kasman La Sali, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

References

Bina Marga Dep. PU, 1995, Perhitungan Biaya operasi kendaraan (BOK) untuk jalan perkotaan di Indonesia, Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM) Pd T-15-2005-B Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Pedoman Konstruksi Pembangunan : Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan.

Jurnal Evaluasi Angkutan Umum Berdasrkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK),Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB, 1996, Laporan Akhir Studi Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan–PT. Jasa Marga, ITB Bandung.

Pemerintah Republik Indonesia, 2009. Undang undang Republik Indoesia. Nomor 14 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Departemen Perhubungan.

Abbas Salim, (2000). Manajemen Transportasi, Biaya Tarif Angkutan dan Pembentukan Harga, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Madur, Yulianus Alfonso. (2006). Studi Evaluasi dan Perhitungan Tarif Angkutan Umum di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional Malang.
Published
2021-05-05
Section
Artikel Penelitian