PELAYANAN PUBLIK DALAM SOROTAN MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN KOTA TERNATE UTARA (Studi Tentang Efektifitas Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu Di Kantor Lurah Kasturian)

Dosen Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Ternate-Indonesia

Authors

  • Raoda M. Djae Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Vivi Noviyanti Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Oji Hadrat A. Rahman Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Keywords:

Efektifitas, Pelayanan, dan SKTM

Abstract

            Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk prosedur alur pelayanan publik surat keterangan tidak mampu di Kantor Lurah Kasturian Kecamatan Kota Ternate Utara, dan (2) untuk mengetahui efektifitas pelayanan surat keterangan tidak mampu di Kantor Lurah Kasturian Kecamatan Kota Ternate Utara. Untuk mengkaji masalah dalam penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Temuan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: bentuk alur prosedur pelayanan surat keterangan tidak mampu sangat sederhana dan mudah sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam mengurus surat keterangan tidak mampu. Alur prosedur ditentukan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat, selain itu juga untuk memberikan gambaran proses pelayanan yang diberikan sangat sederhana. Kedua, pelayanan surat keterangan tidak mampu di Kantor Lurah Kasturian sudah efektif, ini dikarenakan semua ketentuan dari standar pelayanan mulai dari aspek prosedur pelayanan, waktu pelayanan dan biaya pelayanan sudah sangat efektif. Prosedur pelayanannya sederhana, waktu pelayanan hanya dibutuhkan 10 menit atau 1 hari dan tanpa pungutan biaya administrasi bagi masyarakat.

References

Abdul Rasyid dan Ramelan, Memangkas Birokrasi: Lima Strategi Menuju Pemerintahan Wirausaha, terj., Jakarta: PPM, 2000.
Deni Saiful, 2005, ”Dinamika Birokrasi Pelayanan Publik” Grafik Indah, Yogyakarta
Hardjosoekarto Sudarsono, ”Beberapa Perspektif Pelayanan Prima, Bisnis dan Birokrasi, (Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Nomor 3/Volume II/September 1994, Universitas Indonesia. 1994)
Irfan M., ”Reformasi Pelayanan Publik, Makalah Pelatihan Strategi Pembangunan Sumber Manusia Aparatur Pemerintah Daerah dalam Era Globalisasi”, (Cet; Bumi Aksara, Jakarta, 1999)
JB, Kristiadi, ”Revitalisasi Birokrasi dalam Meningkatkan Pelayanan Prima, Bisnis dan Birokrasi”, (Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Nomer 3/Volume II/September 1994, Universitas Indonesia)
Moleong J. Lexy, 2001. Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung
Moenir, H.AS, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, (Cetakan III, Bumi Aksara, Jakarta. 1998)
Nasution, Strategi Administrasi dan Pemerataan Akses pada Pelayanan Publik Indonesia, (Laporan Hasil Penelitian, Fisipol UGM, Yogyakarta, 1993)
Siagian P. Sondang ”Teori Pengembangan Organisasi”, (Cet ; 3, Bumi Aksara, Jakarta, 1995)
Steers M. Richard, “Spirit is Transforming The Public Sector, Rending Mass: Addison-Wesley”. (Terjemahan), 2006
Widjaja, “Pelayanan Publik”, (Cet; 1, Yogyakarta, Cindelaras, Pustaka Rakyat Cerdas, 2007)

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Djae, R. M., Noviyanti, V., & Rahman, O. H. A. (2023). PELAYANAN PUBLIK DALAM SOROTAN MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN KOTA TERNATE UTARA (Studi Tentang Efektifitas Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu Di Kantor Lurah Kasturian): Dosen Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Ternate-Indonesia. JOURNAL GOVERNMENT OF ARCHIPELAGO, 4(1), 26–33. Retrieved from https://www.jurnal.ummu.ac.id/index.php/jgoa/article/view/1474